Kotak Kata 

Kontroversi

Kon·tro·ver·si /kontrovérsi/ n perdebatan; persengketaan; pertentangan.

Siapa yang tidak kenal Vicky Prasetyo atau Hendriyanto? Media Televisi dan berbagai Akun Social Media telah memberikan banyak pemberitaan yang sudah banyak mengenai orang yang kita sebut saja namanya “Vicky”.

Vickynisasi, begitulah sebutan gaya bahasa Vicky yang memiliki keunikan tersendiri dan mengambil banyak perhatian masyarakat Indonesia.

Kata Kudeta, Harmonisasi, Labil Ekonomi, Konspirasi Kemakmuran, Twenty Nine My Age serta Mempertakut, menjadikan Vicky lebih terkenal dari sebelumnya, bagaimana mungkin? Ini adalah sebuah kenyataan dari dampak sebuah word of mouth dalam dunia internet masa kini, salah satu contoh adalah banyaknya akun twitter yang bernama Vicky Prasetyo seperti @_vickyprasetyo_ .

Masyarakat kemudian menjadikan kosakata Vicky sebagai ajang guyonan hingga muncul kabar Vickynisasi. Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) Farida Haryoko menilai Vicky sebagai orang yang berusaha menaikkan status sosialnya. Terlihat dari cara dia menjalin hubungan dengan public figure dan penggunaan istilah asing dalam tiap ucapan yang terlontar.

Dengan demikian, dia berharap agar mendapat tempat dan dilihat oleh kalangan sosial yang di atasnya. “Dia termasuk pada tipe social climber, yaitu orang yang ingin meningkatkan status sosial. Jadi dia menggunakan istilah bahasa Inggris agar diakui dalam kalangan di atasnya. Ingin menjadi bagian dari grup itu sehingga dia berusaha menyesuaikan pola pergaulan,” kata Farida. (Disunting dari http://koran-sindo.com/node/329650)

Hal yang mesti digaris bawahi oleh kita adalah, mengerti atas kalimat yang terlontar dari mulut kita saat berbicara dan selalu gunakan kosakata Bahasa Indonesia jika ada, jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan kata serapan asing, selalu meneliti apakah kata serapan tersebut memiliki kata dalam Bahasa Indonesia.

Related posts

Leave a Comment