Kotak Cara 

Menghilangkan Noda

Ketika mencuci pakaian/kain, kadang-kadang ada noda membandel yang sulit dihilangkan. Berikut beberapa petunjuk sederhana yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda-noda pada pakaian/kain. Petunjuk ini disarikan dari Buku Merawat Rumah terbitan Intisari.

Noda cat:

Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Kemudian cuci seperti biasa. Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang ada nodanya berulang-ulang dan rendam semalaman. Kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Noda darah:

Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas kain/pakaian dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa. Bila kain/pakaian yang bernoda perlu di-dry clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa kain/pakaian tadi ke laundry untuk di-dry clean.

Noda cokelat:

Bila kain/pakaian terkena noda cokelat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan air hangat.

Related posts

Leave a Comment