Kotak Cara 

Menghilangkan Noda

Noda getah:

Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar. Kemudian, cuci pakaian/kain dengan sabun, sambil daerah yang ternoda dikucek-kucek.
Kalau baru kena getah, segera kucurkan air panas ke kain/pakaian yang terkena noda. Kalau tidak mau hilang jua, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

Noda karat:

Masaklah air di ketel, lalu kain/pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Kucek beberapa saat. Setelah itu, cuci seperti biasa.
Atau tetesi bagaian yang berkarat dengan cuka dan garam. Gosok sampai bersih. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.
Cara lain, teteskan air jeruk nipis/lemon pada bagian kain/pakaian yang kena noda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Taruh kain di atas noda. Setelah itu, setrika kain/pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberap akali, maka noda karat pun akan hilang.

Noda lem:

Bila suatu ketika kain/pakaian terkena lem, jangan bingung. Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi, kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

Noda lilin:

Bila pakaian atau taplak meja Anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap ke kertas tersebut.

Related posts

Leave a Comment