Pulau Biawak

Apakah kalian tahu bahwa Jawa Barat memiliki gugus pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi?

Pulau Biawak salah satunya, sebagai saudara dekat Komodo, Biawak juga bisa menjadi obyek pengamatan yang menarik. TIdak hanya itu, Biawak yang hidup bebas di pulau ini ditemani dengan bangunan mercusuar yang menjadi salah satu landmark pulau ini.

Image: wisatacirebon.info

Mercusuar yang dibangun pada tahun 1872 oleh Z.M Willem III ini akan menyambut kedatangan kita di Pulau Biawak.

Berikut informasi yang telah kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Sesungguhnya nama pulau ini adalah Pulau Rakit, tetapi oleh Pemkab Indramayu dinamakan Pulau Biawak karena di pulau ini banyak dijumpai satwa liar yang justru menjadi ciri khasnya, yakni biawak (Varanus salvator). Satwa ini tergolong unik karena hidup di habitat air asin. Setiap menjelang matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang antara 20 centimeter hingga 1,5 meter terlihat berenang di tepian pantai. Satwa-satwa itu memang tengah berburu ikan untuk kebutuhan makannya.

Selain disebut sebagai pulau Biawak, pulau ini juga disebut sebagai Pulau Menyawak dan Pulau Bompyis.

Pulau itu memiliki pesona wisata yang unik, karena karangnya yang masih ‘perawan ‘ dan hidup. Di antara keempat pulau itu, hanya Pulau Biawak yang masih utuh dalam segalanya. Sedangkan tiga pulau lainnya hanya berupa hamparan pulau karang semata. Pulau Gosong, misalnya, kondisinya rusak karena jutaan meter kubik material karangnya diambil untuk pengurukan lokasi kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan.

Keberadaan pulau ini sangat berbahaya bagi alur pelayaran kapal-kapal laut yang melintas di kepulauan tersebut. Maka tak heran, bangsa Belanda semasa menjajah kepulauan Indonesia, mendirikan bangunan menara mercusuar. Mercusuar dengan ketinggian sekitar 65 meter itu dibangun oleh ZM Willem pada 1872.[4] Hingga kini, bangunan itu masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas. Melihat usia bangunan tersebut, mercusuar itu diperkirakan seumur dengan mercusuar di Pantai Anyer.

Kepulauan ini dapat ditempuh sekitar 3 sampai dengan 4 jam menggunakan perahu motor dari pelabuhan Karangsong, Indramayu, Indramayu. Pulau ini terkenal sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Sila lihat video aerial yang kami temukan di youtube

Video: Kutilang Dara

rambutponi Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *