Etika Berkomunikasi dalam Twitter

Hal yang terpenting dalam berkomunikasi dan berbagi di twitter adalah memilah hal-hal yang kita akan tweet, @mention atau DM (Direct Message). Berikut ini adalah hal-hal yang harus kita perhatikan jika ingin berkomunikasi di twitter:

  • Memberikan data personal seperti nomor telepon atau alamat email. (Mungkin hal ini terlihat umum dilakukan, tetapi hal ini akan membuka ruang lebar untuk tindakan yang tidak bertanggung jawab)
  • Melakukan RT (Retweet) percakapan yang berisikan banyak “tweet” atau diskusi panjang mengenai topik dalam waktu berdekatan. (Banyak orang di twitter “unfollow” akun yang melakukan hal tersebut karena dianggap “menyampah”)
  • Melontarkan beberapa pertanyaan pada orang yang sama atau pertanyaan yang sama pada orang yang berbeda dalam waktu yang berdekatan. (“Tweet” kalian akan terlihat kurang penting dimata orang lain karena melakukan hal tersebut, terutama jika dilakukan dalam waktu berdekatan)
  • Mengucapkan rasa “Terima Kasih” kepada setiap “follower” baru. (Hal ini baik jika dilakukan dengan menggunakan DM, jika dilakukan lewat @mention akan mengganggu “timeline” teman-teman kita, apalagi dalam waktu yang berdekatan)
  • Meminta orang untuk memberikan komentar atau membuat konten dalam sebuah project. (Hindari hal ini terpublikasi kecuali sudah ada persetujuan antara kita dengan pihak yang bersangkutan)
  • Melakukan kritik membangun. Ini diperbolehkan. (Tetapi jika ingin memberikan tanggapan yang lebih serius, lakukan pada tempat yang tepat seperti, forum bantuan, Customer Service, dll)
  • Mencari perhatian orang. (Lakukan hal ini dengan menggunakan DM, karena beberapa orang tidak suka di @mention untuk memberikan tanggapan atas apa yang kita “tweet”)

Semoga tips diatas dapat membantu kita membangun komunitas dengan baik di twitter.

Foto: http://www.nmc.org/events/nmcenterprise-hive-tweet-online-communities

Comments

comments

rambutponi Written by:

Comments are closed.