Monday, January 18, 2021

Istana Taman Sari – Perjalanan ke masa lalu Yogyakarta

- Advertisement -
- Advertisement -

Istana Taman Sari dahulu dikelilingi air danau buatan bernama Danau Segaran yang telah berubah fungsi menjadi tempat tinggal para Abdi Dalem Kesultanan yang memiliki banyak keahlian di bidang Seni Membatik dll. Perjalanan di Istana Taman Sari sarat dengan kenangan, udara sejuk dan dingin yang berbeda dengan udara luar kompleks.

 

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. (Sumber: Wikipedia)

Banyak hal yang bisa dipelajari dari bangunan Istana Taman Sari ini khususnya untuk para pelajar untuk lebih mencintai penginggalan sejarah masa lalu Indonesia, dari kedisiplinan para abdi dalem, kecintaan sultan terhadap keluarga dan rakyatnya serta pengabdiannya kepada Tuhan yang Maha Esa.

Sangat disarankan untuk menyewa tour guide untuk mendapatkan penjelasan lengkap, saya dan teman saya memberikan upah 50rb untuk 1 orang tour guide.

 

- Advertisement -
Avatar
DSA
Penggemar musik dan film yang memiliki keterikatan kuat terhadap pola dan keteraturan

Artikel Terkini

- Advertisement -

Artikel Terkait

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here