Seberapa Mudah Kita Menulis

#roomnite jilid 1 : Seberapa Mudah Kita Menulis

Siapa yang tidak suka berbagi? Pada hari Sabtu, 28 Desember 2013 bertempat di Kedai Baca Kalam, dimoderasi oleh Reza @freedaedalus, teman-teman @KomunitasKalam bersama @roomusicbgr mengadakan #roomnite Jilid 1 yang berjudul “Seberapa Mudah Kita Menulis” dengan mengundang Age @agehadi dan Mira @littlemoir dari Thetaggedwriters sebagai narasumber untuk berbagi pengalaman mereka menulis sebuah cerita fiksi yang berjudul “Cahaya untuk Hagistra”.

Thetaggedwriters adalah sebuah grup penulis yang berisikan @agehadi, @littlemoir, endang dan erni yang memulai cerita mereka dengan estafet menulis satu persatu potongan cerita fiksi berjudul “Cahaya untuk Hagistra” pada tahun 2009. Cerita tersebut memang bukan cerita biasa sebagaimana yang ditulis oleh satu penulis atau lebih Cerita ini diusung oleh 4 orang penulis, tanpa diskusi. Bayangkan, 4 ide yang berbeda berkolaborasi dan menyatukan ide-ide personal mereka kedalam sebuah cerita fiksi yang unik dan imajinatif.

“Sulitkah menyatukan isi kepala dari 4 orang dengan latar belakang yang berbeda dalam sebuah proses penulisan?” Tanya seorang sahabat. “Pada awalnya, iya.” Kata @agehadi menanggapi pertanyaan tersebut. “Tapi ini menjadi sebuah petualangan yang seru, jadi jalani saja.” Tambah @agehadi. “Gue merasa tertantang untuk meneruskan cerita yang ditulis Age, Endang atau Erni” Mira menambahkan.

Puluhan sahabat asyik terlibat dalam diskusi intim dengan teman-teman dari Thetaggedwriters. Mereka menginspirasi satu hal yang penting, yaitu sangat mudah untuk menulis, tidak perlu bingung untuk memulai sendiri, kita bisa bekerjasama dalam melakukannya, setidaknya hal ini dibuktikan dengan “Cahaya untuk Hagistra”.

Sebagai penutup, Reza mengutip kata-kata latin: “Verba volant scripta manent” terjemahan inggrisnya kurang lebih spoken words fly away, written words remain. Penutup yang mengesankan bukan?

Sampai jumpa di jilid #roomnite berikutnya.

Cerita “Cahaya untuk Hagistra” dapat dilihat dan diunduh di http://age.web.id/cayaha-hagistra/ dan http://dikotak.com/thetaggedwriters.html

Comments

comments

admin Written by:

Comments are closed.